arthur skrining jantung (echo) 

arthur skrining jantung (echo) 

Kalau inget dulu waktu di NICU, pernah nanya sama dokter yang rawat arthur. “dok, ini udah menjalani skrining apa aja organnya”

dan jawabannya?

“ini saya pakai stetoskop gini namanya juga skrining bu, jantung nya baik-baik saja. paru-paru juga baik.”

Pakai stetoskop memang skrining, tapi hanyalah skrining awal dan hasilnya tidak mendetail. Menurut aku kok jawaban dokter itu seperti nya menyepelekan prosedur penanganan bayi prematur ya. Namanya juga Bayi prematur. Waktu lahir ada organ yang belum mateng, sehingga pertumbuhannya terjadi di luar rahim dan beresiko. Sebenarnya, dokter yang bener itu menjelaskan kemungkinan apa saja yang bisa terjadi pada bayi prematur sehingga bisa dilakukan tindakan preventif agar tidak terjadi resiko-resiko.

Jadi ceritanya, Pas arthur udah usia 9bulanan, mau vaksin campak sama Dokter anak subspesialis tumbuh kembang biar sekalian konsultasi tumbuh kembangnya. Lumayan irit biaya dokternya kalo sekalian, hehehe.. DSA subspesialis tumbang arthur ini enak konsultasi nya. Ngerevisi buku KMS arthur juga, gimana cara isi untuk anak prematur dan ngajarin stimulasi apa saja yang harus diberikan ke arthur. Dokternya juga nggak buru-buru.

Waktu itu Arthur pas pilek, tapi katanya nggak apa-apa tetep di vaksin karena nggak demam. Pas di cek pakai stetoskop dibilang paru-paru bersih nggak ada batuk juga. Dan ngga diresepin obat, soalnya di rumah udah disemprotin hidungnya pakai aqua maris.

Dokter periksa pakai stetoskop lagi sambil nanya “dulu waktu di NICU hasil echo nya gimana”

jrenggg… aku terus cerita aja arthur belum pernah echo karena dulu dokternya di NICU nggak nyaranin. Dokter meriksa lagi sambil bilang kalo dirujuk ke dokter spesialis jantung gimana. Karena takutnya ada PFO.

Terus dirumah langsung browsing tentang PJB terutama pada bayi prematur. Banyak yang jelasin tentang PDA kalo resiko penyakit jantung pada bayi prematur.

– duktus arteriosus persisten (PDA) 

PDA sering dijumpai pada bayi yang lahir prematur, disebabkan karena otot pembuluh darahnya belum matang (PDA adalah pembuluh darah) demikian juga paru-parunya juga belum matang fungsinya. PDA yg cukup besar pada bayi prematur sering menimbulkan masalah gagal jantung, yang mengakibatkan bayi sesak napas. Di samping itu, paru-paru bayi prematur yang belum matang membuat PDA sulit menutup. Apabila bayi prematur dalam kondisi baik, fungsi pernapasannya bai, PDA dapat menutup namun memerlukan waktu yg lebih lama dari normal. Kadang2 dokter memberikan obat untuk membantu mempercepat penutupannya. PDA yg terdapat pada bayi genap bulan dan belum menutup sampai usia 2 minggu biasanya memang tidak akan menutup secara spontan. Bila PDA tetap terbuka dan cukup besar ukurannya dapat menimbulkan masalah gagal jantung. Penyulit lain dari PDA adalah infeksi pada jantung.

– Foramen ovale persisten (PFO)

Foramen ovale persisten dapat dijumpai pada beberapa hari setelah lahir. Namun sebagian besar menutup spontan. Pada beberapa penelitian foramen ovale yg tetap terbuka sampai dewasa meningkatkan kejadian stroken meskipun PFO ini tidak akan menganggu fungsi jantung dan tidak akan mengakibatkan gagal jantung. Oleh sebab itu ada yg menyarankan PFO utk ditutup juga utk menghindarkan terjadinya stroke pada masa dewasa. Umumnya penutupan dilakukan secara transkateter, nonoperatif.
sumber : https://sehatjantunganakku.wordpress.com/2012/07/15/jantung-bocor-apakah-itu/u

Akhirnya aku bawa arthur ke RSUP sardjito jogja. Sebenernya agak males ke sardjito soalnya antriannya pasti banyak banget dan disana pasti seharian. Udah gitu rame banget banyak koas nya juga. Tapi di Sardjito ilmu nya lebih update dan tempat berkumpul para dokter-dokter ahli. Takut arthur kenapa-kenapa lagi, jadi cus ke sardjito aja.

Setelah ditimbang nunggu dipanggil lagi buat masuk ruangan. Didalem ruangan ditanya dulu mengenai keluhannya apa. Aku kasih surat rujukan dari DSA tumbuh kembang dan cerita riwayat arthur dari lahir, ketahuan ROP, sampai kenapa kok dikasih surat rujukan untuk periksa jantung. Arthur terus disuruh echo. Hampir kayak CT scan, arthur kudu tenang atau bobo dulu biar gampang diperiksainnya. Terus diresepin obat tidur buat arthur. Pas mau nebus obat, arthur digendong eyangnya malah udah pules duluan sebelum minum obatnya. Tapi giliran masuk ruang echo dan direbahin dia malah bangun terus nangis. Akhirnya diminumin juga obat tidurnya ke arthur walaupun sempet muntah soalnya susah minuminnya ke dia. Abis diminumin terus nenen di ruang menyusui, dia udah liyer-liyer mulai merem. Akhirnya arthur bobo juga, terus balik ke ruang echo. Lagi-lagi pas mau ditidurin dia malah kebangun tapi mukanya ngantuk banget. Kata dokter ngga apa-apa asal anaknya anteng. Jadi Pas di echo arthur tampangnya teler gitu.

img_5535
arthur ngantuk lagi di echo
Sekitar 2-3menit dada arthur di USG. Kalo orang awam gini nggak ngerti tampilan yang di layar itu maksudnya gimana, yang jelas itu jantung arthur. Arthur diperiksa sama Dokter spesialis kardilogi anak, beliau ahli jantung anak terbaik di jogja. Selain rujukan dari dokter tumbang nya arthur, aku sempet nanya ke temen yang anaknya sempet diagnosa PDA. Anaknya juga ditangani oleh beliau.

Alhamdulillah dokter bilang tidak ada tanda PFO maupun PDA. Kondisi jantung arthur baik dan normal. Walaupun skrining jantung nya ini bisa dibilang terlambat ya. Seharusnya saat di NICU atau pas pulang dari NICU itu dilalukan skrining. Tapi ini usia 9 bulan skrining. Yang penting kondisi jantung arthur baik dan tidak ada apa-apa.

hasil echo arthur
Eh Pulang nya dari rumah sakit arthur masih teler efek obat tidur nya. Di jalan bobonya pules banget..

Advertisements

One thought on “arthur skrining jantung (echo) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s