MPASI Arthur

Mengenai pemberian MPASI pada bayi prematur disarankan saat usia koreksi nya. Aku sering baca juga di grup tentang kapan sebaiknya pemberian MPASI pada bayi prematur, selain itu Sebelum kapan mulai pemberian MPASI yang tepat, aku konsultasi juga ke dsa untuk memastikan kapan arthur boleh mulai makan.

Aku sering baca diFB ada yang ngeshare tentang efek MPASI dini, resikonya, bahkan sampai menyebabkan kematian. Naudzubilah, serem banget. Mungkin karena kurang nya pengetahuan si ibu, dan biasanya manut apa kata mbahnya. Maklum kan orang dulu bayi 2minggu aja udah dikerokin pisang.

Arthur juga gitu. Waktu dulu arthur belum mpasi, dan uti akung nya semacam pengen lihat arthur makan :

Bapak : “Kasihan masak belom boleh makan” -> Tapi sejak mulai MPASI bb nya naiknya nggak secepet waktu masih ASI eksklusif. Selain karena anaknya banyak polah juga.

Mama : “Dulu aja ayahnya 2minggu udah dikerokin pisang sekarang nggak apa-apa kan” (Tapi jadi alergian sekarang. Alergi udang dan cuaca) -> cuma mbatin nggak berani ngomong hehehe

Kalau eyang nya arthur manut aja apa yang aku bilang karena aku juga kasih alasannya. Pokoknya kalau aku bilang nggak boleh dulu, ya nggak dikasih.

Tapi kalo uti arthur rada ekstrem juga. Lagi aku tinggal nyuci, eh arthur dikerokin pepaya, katanya mau coba dulu. Ya aku bilang nggak lah. Aku dah takut banget soalnya agak maksa. Ya namanya menantu kan pasti ngga enakan juga kan kalo ngadepin kondisi begini. Tapi Untung aja arthur nya terus bobok. Anak pinter 😭😭😭 Abis itu kalo uti nya arthur beli buah-buahan aku yang makanin daripada tau-tau dikerokin diem-diem.Wkwwkwk…

Waktu itu umur arthur sekitar 4bulanan koreksinya masih 2bulan. Duduk aja masih geleyotan. Kalau kesedak gimana. Salah satu ciri anak siap MPASI kan sudah bisa duduk dengan tegak. Supaya kalau makan nggak kesedak.

Bukannya aku nggak ngebolehin tapi BELUM WAKTUNYA BOLEH. Ya namanya juga bayi kalo dikasih ya mau-mau aja kan. Tapi kan kita nggak tau organ didalemnya, apakah pencernaannya sudah siap untuk mencerna makanan padat. Apalagi dengan riwayat prematurnya, saat lahir organ – organ belum sepenuhnya matang.

Pemberian air putih juga sebaiknya ditunda dulu sampai pemberian MPASI, kecuali ada kondisi tertentu misalnya minum obat. Atau untuk membersihkan lidah bayi. Itupun pemberiannya ada batasnya nggak boleh banyak-banyak. Karena air putih itu  dapat memperberat kerja ginjal bayi. Takaran air putih yang diperbolehkan untuk bayi di bawah 6 bulan adalah 2 ml, atau sekitar seperempat sendok teh, tidak lebih. Itupun jika benar-benar diperlukan dan tidak dianjurkan memberikan air putih dengan dot atau sippy cup sebelum usia 6 bulan.

https://www.id.theasianparent.com/bolehkah-bayi-minum-air-putih/amp/

Tapi kalau misal arthur minum obat atau vitamin nggak aku kasih air putih juga, dia nya nggak apa-apa kok palingan abis itu juga aku nenenin. Pernah juga arthur cegukan, mau dikasih air putih anget. Aku bilang diemin aja, normal kan bayi cegukan.

Aduh ya gimana ya. Mempertahankan arthur supaya Asi eksklusif, nggak MPASI dini dan nggak air putih dini waktu itu perjuangan buaaangeettt rasanya. Mempertahankan ditengah mitos, dan kebiasaan orang tua jaman dulu. Intinya tuh bukannya aku nggak ngebolehin tapi belum waktunya boleh. Nanti kalau udah waktunya juga bakalan aku kasih kok. Aku cuma nggak mau arthur kenapa-kenapa lagi. Karena efeknya juga bisa terjadi kalau dia udah besar nanti.

Waktu itu arthur mau 6 bulan, awalnya aku belum tau kalau pemberian mpasi bayi prematur sebaiknya saat usia koreksi. Aku agak ragu juga, lalu saat vaksin kami datang ke dokter yang berbeda dan menanyakan kapan sebaiknya pemberian MPASI. Dokternya bilang, kalau kenaikan berat badannya masih bagus tunda dulu. Dan tetap lanjutkan Asi. Karena waktu itu kenaikan BB Arthur sebulan rata-rata 1-1,5 kg. Maka kami tunda dulu pemberian MPASI nya.

Bulan depannya waktu vaksin coba ditimbang kenaikannya nggak sampai 1kg, dan coba nanya ke dokter (dokternya lain lagi) Katanya nggak apa-apa diberikan MPASI. Menu tunggal dulu, buah, biskuit. Tapi aku nggak langsung ngasih arthur makan gitu aja karena aku juga nggak begitu yakin ama yang dibilang dokternya. Akhirnya arthur mulai makan perdana nya waktu dia usia kronologis 7,5 bulan atau koreksi 5 bulan. Mungkin feeling seorang ibu juga untuk kapan saat nya yang tepat memberikan MPASI. Dan Aku ambil tengah-tengah nya aja antara usia 6 bulan kronologis dan 6 bulan koreksi nya.

IMG-20161112-WA0041

Awalnya aku cuma coba dulu kasih puree buah. Sehari sekali. Selama 3 hari. Lalu lanjut sehari 2 kali pagi dan sore, selama sekitar 2 minggu. Setelah itu baru rutin sehari 3 kali, pagi – siang – sore.

Seminggu pertama masih menu tunggal. Lalu abis itu 2* selama 1-2mingguan. Minggu berikutnya naik 3*. Walaupun ada yang bilang udah deh kasih 4* aja juga nggak apa-apa. Tapi maap, Nggak apa-apa buat anakmu belum tentu nggak apa-apa buat anakku. Anakku kan preemie pokoke mau tak awasin di awal MPASI nya hehehe

Arthur pinter maemnya. Duduk di infant seat, anteng dan Selalu habis. Apalagi kalau pakai kaldu kan gurih dia ampe merem melek. Tapi itu cuma bertahan 2-3 bulan aja. Abis itu dia mulai banyak polah dan nggak betah lama makan sambil duduk.

Apalagi waktu ke bekasi, aduh puyeng… Disana kan ngga ada kursi buat arthur makan. Aku sewain deh model booster seat, eh dia nya nggak mau duduk disitu. Malah pencalitan. Makan maunya sambil di titah, atau berdiri merambat. Untung ada sepeda tricycle, jadi makan bisa sambil duduk kalau disepeda. Aku capek sendiri kalau arthur makan gini caranya, gimana cara ngembaliin kebiasaan dia yang makan sambil duduk.

Akhirnya aku ngojokin ayah arthur pokoke beli high chair. Dan dengan kekuatan credit card datang lah high chair itu πŸ˜˜πŸ‘πŸ» Akhirnya arthur bisa makan sambil duduk di kursi dengan pewe. Berarti selama ini sebenernya dia minta dibeliin high chair sendiri ya. Hehehe…

Alasan kenapa nggak dari dulu aku beli high chair sendiri. Karena masih belum tau mau tinggal di bekasi apa jogja, masih bolak balik kesana kemari. Kalau beli nanti gotong kesana kemari, ya kali beli high chair nya 2 kan eman-eman. Jadi aku lebih milih sewa dulu. Sekarang kan banyak rental perlengkapan baby, di jogja atau bekasi lengkap semua.

Arthur pernah GTM karena mau tumbuh gigi yang atas. 2 Gigi bawah arthur tumbuh seminggu setelah arthur mulai makan dan tanpa demam, rewel atau GTM. Kalau gigi atasnya numbuh bareng langsung 4, tanpa demam rewel, cuma jadi susah makan. Akhirnya aku coba naik tekstur yang agak kasar. Dia mau makan lagi sih walaupun susah masuk nya dan nggak terlalu banyak. Mungkin pengen yang digigit-gigit gitu kali makan nya. Aku sampe bingung mau kasih makan apa, soalnya dia nggak mau disuap pake sendok. Yakali kan makan bubur atau tim suapin pake tangan. Akhirnya aku naikin teksturnya pake nasi dipenyekin. Ama bikin perkedel kentang no gulgar karena masih 10m.

Waktu usia 14m arthur GTM lagi , mau nya ngemil, biskuit, puding, buah.. Makan juga mulai ngelepehin segala. Ternyata gigi nya tumbuh lagi. Pokoknya kalo arthur kumat GTM nya curiga deh gigi nya ada yang mau numbuh.

Umur setahunan, arthur udah bisa ngikuti menu keluarga. Udah bebas gular juga, walaupun udah gagal no gulgar sejak usia sekitar 1om. Akhirnya kecapaian juga target mpasi. Pokoknya usia setahun mulai bisa makan nasi dan mengikuti menu keluarga. Cuma rasanya aja yang menyesuaikan untuk bayi. Arthur jadi lebih enak diajak pergi & jajan. Mo jajan ke KFC, McD, nongki, dia udah bisa ikutan makan, nggak sangu nasi tim lagi. Enaknya lagi, udah nggak perlu gantian yang makan buat gantian gendong arthur. Dia tinggal di dudukin di baby chair aja, terus kasih makanan. Ntar mulai deh dia sibuk ber-BLW. Hehehe…

Leave a Reply

