Tantangan 10 hari Komunikasi Produktif #Day2 – Arthur Mandi Sore 

Sudah jam 4 sore, waktunya arthur mandi sore…

Mengajak Arthur untuk mandi.

👩🏻Mama : “Arthur ayok mandi dulu, anak mama udah bauk keringet acem nih.. Mandi yuukkk… supaya nggak bau acem lagi, supaya wangi nanti. mandi pake air anget ya… nanti kita keramas

Denger kata keramas arthur pegang-pegang rambutnya.

👩🏻Mama : “oohh arthur mau keramas sendiri ya nanti, pake shampoo ya biar rambutnya wangi…. sini baju sama celana nya dilepas dulu…”

Supaya arthur nggak pernah menolak dengan rutinitas lepas atau pakai baju, sambil aku ajakin main cilukba. Waktu buka bajunya dia bilangbaaa

Lalu waktu lepas celana, aku juga sambil ngajarin konsep kanan – kiri.

👩🏻Mama : “Arthur, kaki kanan diangkat ya celananya mau dilepas. Sekarang gantian kaki yang kiri diangkat”

👩🏻Mama : “Ayok baju kotornya kita masukin ke dalem ember , terus ambil handuknya dulu” (Sambil jalan ngambil handuk).

Waktu udah ambil handuk, aku juga kasihtau ke arthur kalau itu handuknya dia dan merabakan handuknya. “ini handuknya arthur, handuknya lembut kan

Memandikan Arthur.

👩🏻Mama : “Ayo kita masuk ke kamar mandi, waahh kita udah didalem kamar mandi nih.. air angetnya juga udah siap.. Arthur nyemplung ya.. 1…2…3…”

Arthur nyemplung ke ember dan mulai main air ditepuk-tepukin. 
Setiap apa yang mau aku lakukan, aku informasiin dulu ke arthur. Biar dia tau mau diapain dan juga biar dia tau rutinitas mandi itu seperti apa. 

👩🏻Mama : “Mama guyur yaaa rambut&badannya”

👩🏻Mama : “mama kasih shampoo ya, digosok-gosok rambutnya, keluar busanya….. arthur katanya mau keramas sendiri kan. Sini tangannya Arthur buat gosokin rambutnya” 

Sambil aku pegang tangan arthur buat gosok rambut, karena kalo dia gosok sendiri takut ampe muka atau mata walaupun shampoonya bilang tidak pedih di mata.

👩🏻Mama : “Sekarang mama bilas ya rambutnya, mama guyur air nih.. 1.. 2… 3… byuurr byuurr… Wah rambutnya sudah bersih & wangi. sekarang badannya kita sabun yuk

Sambil aku sabunin badannya, aku pegang tangannya juga biar dia ikut sabunin badannya sambil menghafal anggota tubuh.

👩🏻Mama : “ini tangan arthur yang kanan disabun, ini tangan kiri arthur disabun juga.. lalu lehernya, lalu perutnya, lalu pahanya, lututnya, betisnya, digosok gosok pakai sabun.”

Aku nggak maksa arthur buat ikutan nyabunin badannya, kalau dia pas mau ya dia gosokin tangan, leher dan perut sendiri. Tapi kalau udahan atau nggak mau dia sambil main tepukin air.

👩🏻Mama : “Sekarang tangannya diangkat mama mau tengok keteknya, mau mama bersihin dulu ketek arthur pakai sabun biar wangi… Punggungnya yang belakang mama yang sabun yaa, tangan arthur belum sampai ke belakang ya… (sambil nyabunin punggungnya) Kakinya arthur mana ya… Ayo berdiri dulu sebentar pegangan mama, kakinya mau mama sabunin ya… tadi kan kakinya kotor , dipakai jalan-jalan nggak pakai sepatu.. Kaki kanan arthur yang ini (sambil pegang kaki kanan arthur) diangkat ya.. Sekarang gantian kaki kiri yang ini (sambil pegang kaki kirinya). Sudah selesai sabunannya ayo kita bilas biar busanya hilang & badannya nggak licin.. 1..2..3… mama guyur ya badannya.. byuurrr… byuurrr..”

👩🏻Mama : “Diguyur Sambil mama gosok lagi nih badannya biar sabunnya hilang & nggak licin… sekalian dicebokin & dibersihin yaaa burung dan pan**t nya

(Sebenernya mau ngajarin bilang kalau itu namanya pen*s bukan burung tapi saya masih belum terbiasa)

👩🏻Mama : “Horreee arthur mandinya udah selesai

Arthur terus ikut niruin bilang udaahhhh…” Sambil tepuk tangan, soalnya setiap dia denger kata “horeee” dia langsung tepuk tangan.

Selesai Mandi.

Tapi giliran mau diangkat dari ember badannya dikakuin ngak mau berdiri dan nggak mau mentas dari air. Dia masih pengen mainan air, ditepuk-tepukin airnya. Padahal hari udah sore bukan waktu nya mainan air. 

👩🏻Mama : “Arthur, mandinya kan udah selesai.. katanya tadi udah.. nanti bisa masuk angin lho.. nanti tangannya bisa keriput kayak kulit jeruk (ikutan kata-kata iklan di tv 😅)”

Tapi arthur tetep sibuk sendiri mainan air. Akhirnya sambil pelan-pelan diangkat aku sambil bilang :Udah yaa air arthur mau andukan dulu, byebye air… byebyee ember.. byebye gayung… byebyee sabun” 

Akhirnya arthur mau diangkat sambil tangan dia dadah dadah dan niruin bilang “udaaahhhh”.

👩🏻Mama : “Nah kita keringin dulu badannya ya terus andukan”

Sambil jalan ke kamar aku ciumin arthur

Mama : “horree arthur udah mandi, udah wangi, badannya udah bersih.. ayo kita pakai baju dulu” 

Memakai Baju dan Gosok Gigi.

Rutinitas memakai baju juga sambil tetep informasiin apa yang mau kita lakukan ke dia…

👩🏻Mama : “Sini arthur pakai minyak telon dulu, biar wanginya wangi baby.. biar badannya anget, nggak digigit nyamuk” (Sambil balurin minyak ke badan arthur).

👩🏻Mama : “Sekarang pakai dulu nih bajunya.. cilukkkkkkbaaaa” 

Kadang aku nggak bilang cilukba pun arthur udah baaaaa” sendiri.

👩🏻Mama : “Sekarang tangannya yang masuk, ini tangan kanannya baaaa, yg ini tangan kirinya juga baaaa”

👩🏻Mama : “Sekarang pakai celananya, Kaki kanannya yang ini diangkat (Sambil pegang kaki kanan) lalu kaki kirinya yang ini diangkat (sambil pegang kaki kiri)”

👩🏻Mama : “Arthur gosok gigi dulu ya. Mama gosokin giginya pakai sikat gigi nya Arthur, tengok gigi arthur dong mana… (Tapi Arthurnya mau megang sikatnya sendiri) Arthur mau sikatan sendiri ya, sini mama bantu.. Digosok giginya yang depan, yang didalam, yang atas, yang bawah” 

Tapi arthur nya agak ogah-ogahan malah sikatnya dipakai mainan & digigitin. Jadi sikat giginya masih belum optimal. Proses sikat gigi ini susah susah gampang. Karena kadang arthur nurut, kadang ogah-ogahan. Dan ini masih menjadi PR supaya arthur bisa dan nurut kalau gosok gigi. 

👩🏻Mama : “Oiya rambutnya pakai minyak rambut dulu sini, kayak papa juga suka pakai minyak rambut.. Supaya wangi… (Sambil kasih hair lotion ke rambut arthur) Badannya juga pakai wangi-wangi yaa biar nggak bau acem (Sambil kasih baby cologne ke baju arthur). Horeeeee arthur sudah wangi, sudah bersih… Sekarang kita jemur handuk nya dulu ya, terus main ayunan sama tante” 

Arthur terus bilang “udaaaahhh”

Mama : “iyaaa.. Arthur udah mandi.. horeee…”

Arthur tepuk tangan lagi…

img_7985
horeee.. Arthur sudah mandi sore

 

Wahhh, Cerita Arthur mandi panjang sekali ya sepertinya, maklum mamanya memang harus cerewet, karena keterbatasan penglihatan arthur, mulut mamanya ini yang menjadi matanya arthur 😊 Dan juga sekalian untuk latihan ber-komunikasi produktif.

Selain itu dalam 1 kegiatan mandi dengan berkomunikasi produktif, menurut saya juga langsung bisa mengajarkan banyak hal pada anak. Selain main air dan mengajarkan apa saja rutinitas yang dilakukan saat mandi, kita juga bisa ngajarin Tekstur sabun, wangi sabun, wangi minyak, belajar mengenal anggota tubuh, konsep kanan kiri, dll.

#level1

#day2

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s