Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif #Day6 – Kebiasaan Jelek Arthur

Kebiasaan jelek Arthur adalah menekan kedua matanya. Seringnya sih mata yang kiri. Orang yang nggak tau mungkin pada ngira kalau mata Arthur gatal. Padahal bukan begitu…

Pada anak yang memiliki hambatan penglihatan, kegiatan menekan mata ini menjadi “hiburan” bagi mereka. Mereka seolah-olah bisa melihat kedap kedip merah abstrak, atau semacam pendaran cahaya merah. Kita saja kalau menekan atau mengucek mata juga dapat merasakannya. Mereka merasa asyik dan senang dengan hal tersebut.

Meskipun mereka merasa senang, bahagia dan terhibur dengan kebiasaan menekan mata tersebut. Tapi, kita harus melarangnya karena itu akan berakibat buruk. Jika kita perhatikan wajah para tuna netra dengan mata yang kecil dan cekung, itu akibat kebiasaan menekan mata yang sering mereka lakukan. Terutama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena tulang di sekitar mata termasuk tulang rawan, sehingga area sekitar mata bisa menjadi cekung. Dan juga bisa berpengaruh ke perkembangan bola mata, mengakibatkan mata nampak lebih kecil.

Jadi, setiap Arthur menekan matanya biasanya aku langsung melarangnya dan menarik tangannya. Tapi dengan ilmu komunikasi produktif, aku akan mulai merubah cara dan kalimatku untuk melarang Arthur menekan matanya. Meskipun kalau lagi “selo” dia masih saja menekan tangannya, jadi Arthur harus selalu diawasin. Dan untuk ini harus melibatkan seluruh anggota keluarga untuk melarang dengan cara komunikasi produktif, minimal aku dan suamiku. Selain itu juga mengajarkannya agar sibuk menggunakan kedua tangannya untuk hal yang lain. Selama ini yang sudah aku lakukan adalah untuk mengenal anggota tubuhnya, tepuk tangan, main cilukba, hompimpah, dan juga bermain-main.

Biasanya aku pakai kalimat ini :

❌ “Arthur matanya jangan ditekan gitu! “

❌ “Arthur tangannya hayooo… Tangannya jangan gitu ahh.. jelek tau” (sambil narik tangannya)   

❌ “Arthur… tangannya tangannya… Hayooo Ragasyaaaaa… Ragasyaaa…”

 

Dan mulai sekarang akan aku biasakan (semoga bisa konsisten) :

✅  “Arthur, kalau matanya ditekan kasihan matanya… nanti matanya bisa jadi kecil…”

✅ “Arthur, tangannya dipakai buat main aja.. Ayo kita nyanyi sambil tepuk tangan… “

✅ “Eh mama kasihtau, ini tangannya buat yang baik-baik yah.. Kayak berdoa, membantu, menolong orang lain. Kan Arthur mau jadi anak baik katanya…”

✅ “Arthur… kan Arthur special, tangannya dipakai buat bantu mata melihat ya.. Bukan buat neken mata. “

 

Walaupun kadang Arthur masih aja ngeyel dan mencuri kesempatan untuk kebiasaan menekan matanya ini, tapi semoga suatu saat nanti dia bisa mengerti bahwa itu tidak baik untuk dirinya.

 

#level1
#day5
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s