Tantangan 10 hari Komunikasi Produktif #Day8 – Belajar Orientasi Mobilitas di Rumah Bekasi

Tantangan 10 hari Komunikasi Produktif #Day8 – Belajar Orientasi Mobilitas di Rumah Bekasi

Arthur sudah 4 bulan nggak ke Bekasi, terakhir Arthur di Bekasi dulu masih titahan belajar jalan, belum bisa jalan sendiri. Dan polah nya belum se aktif sekarang. Kalau di  rumah jogja, Arthur sudah mulai mengenal dan hafal ruangan serta letak beberapa barang seperti meja, kursi, sofa, lemari, dll. Di Bekasi, Arthur belajar orientasi mobilitas di dalam rumah lagi untuk menghafal ruangan dan letak benda.

Komunikasi Produktif dengan kaidah KISS (Keep Information Short & Simple) menjadi andalan dalam memberikan informasi pada orientasi mobilitas agar anak dapat dengan mudah memahami dan mengerti. Tinggal konsisten melakukannya berulang-ulang, Arthur pasti cepat bisa menguasai rumah di Bekasi.

Tempat main Arthur di ruang tengah, karena luas dan memang sengaja di setting tidak banyak perabotan supaya Arthur bisa main dan kesana kemari sesukanya. Aku jelasin pelan-pelan ke Arthur di ruang tengah ada apa aja. Dia paling cepet hafal adalah letak kulkas, karena dia memang suka mainan di depan pintu kulkas. Dan ternyata Arthur bisa main buka tutup pintu kulkas, dia betah banget kalau udah main pintu kulkas. Tapi harus tetep dijagain supaya nggak kejepit atau ngegelebak ke belakang.

“Arthur di sini kulkas, sampingnya ada TV. Tapi hati-hati di dekat tv ada kabelnya, nanti bisa sakit kena setrum listrik”

“Arthur, di sebelah sini ada kursi. Bisa buat duduk-duduk” (Sambil megangin dia ke kursi)

“Di sebelah sini kamar tante Andin. Arthur mau masuk ke kamar tante? Tapi tantenya lagi sekolah, main sama tantenya nanti kalau tante Andin udah pulang sekolah ya”

Letak ruang tengah, dekat dengan dapur dan ruang makan. Tapi, ada sedikit hambatan kecil untuk Arthur kalau mau jalan menuju ke dapur dan ruang makan. Karena ada seperti 1 anak tangga kecil yang membatasi ruangan tersebut. Kalau Arthur nggak bener-bener dijagain bisa “kejeglong” (aduh bahasa indonesianya apa ya). Jadi setiap menuju ke arah ruang makan, selalu aku pegangin dia.

“Pelan-pelan ya, kalau sampai disini kita turun dulu.. hap hap 1..2..3..”

Begitu pula sebaliknya, kalau dari ruang makan mau balik ke ruang tengah. Dia juga harus ekstra dijagain dan masih harus sambil dipegangin. Kalau nggak, bisa jatuh kesandung.

“Hati-hati Arthur.. sekarang naik nih.. kakinya diangkat.. hap hap 1..2..3..”

Karena sering main di ruang tengah, awal-awal aku ajarin dia buat hafalin jalan dari ruang tengah ke kamar dan juga sebaliknya, dari kamar ke ruang tengah. Di dalam kamar seharusnya aku kasih tau letak barang, tapi belum aku lakukan karena aku belum sempat beberes kamar. Masih ada koper, kardus dan beberapa barang nggak penting yang belum di singkirkan ke atas lemari.

“Ayo kita ambil bola. Bolanya ada di dalem kamar Arthur. Kita ambil ke kamar yuk. Jalan lurus ke arah pintu depan, ehh arthur nginjak keset tuh, terus belok kiri. Kita udah masuk ke kamar Arthur nih. Bolanya ada di dalem kotak nih.. “

Lalu aku coba mengulang – ulang kembali supaya letak kamar bisa masuk ke memory nya..

“Arthur, kalau lagi jalan ke arah pintu depan terus nginjak keset berarti itu pintu kamar Arthur yaa.. “

Arthur ada respon dengan cahaya, dan dia biasanya tau letak pintu keluar rumah. Karena kalau siang hari pintu di buka pasti terang benderang. Jadi , kadang aku menjadikan sumber cahaya itu patokannya.

PR Arthur nambah lagi, untuk menghafal ruangan dan belajar orientasi mobilitas lagi. Karena mau stay di Bekasi agak lama. Tapi aku yakin, Arthur nggak lama sudah bisa hafal jalan ruangan di dalam rumah. Karena memang anaknya lagi suka jalan dan bereksplorasi, jadi aku gampang memanfaatkan untuk dia belajar orientasi mobilitas.

 

#level1
#day8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s