Melatih Kemandirian Anak – Arthur Belajar Makan Sendiri Dengan Alat Makan #Day1

Melatih Kemandirian Anak – Arthur Belajar Makan Sendiri Dengan Alat Makan #Day1

PR Belajar makan sendiri dengan alat makan, sebenarnya sudah beberapa bulan terakhir dilakukan. Tapi karena aku belum konsisten ngajarinnya jadi Arthur masih sering disuapin. Dan ditambah dia nggak betah duduk lama-lama di kursi makannya. Padahal dari kecil udah aku coba biasain makan sambil duduk di kursi, tapi makin besar makin aktif anaknya. Jadi sering berontak minta turun dari kursi nya. Kalau udah gini, akhirnya aku suapin sambil dia main atau jalan kesana kemari. Rempong deh kalo udah gini…

Arthur sudah bisa makan dengan tangannya sendiri. Biasanya makan biskuit, crackers, buah potong. Tapi kalau pakai sendok dia masih belum bisa. Karena makan dengan sendok membutuhkan koordinasi mata dan tangan. Mungkin cukup sulit untuk Arthur.

Aku nggak menuntut dia bisa makan sendiri terus-terusan. Se-enggaknya dia bisa dan Ada kalanya nanti masih disuapin juga makannya. Tapi kalo udah gede ya masa disuapin terus.

Kalau pas ngajarin makan, aku pegang tangan kanan Arthur yang megang sendok. Lalu aku sendokin makanan di mangkoknya, sambil bilang “nasinya disendok, hari ini arthur makan pakai sop” sambil menyebutkan di dalam sop ada apa aja misalnya wortel, macaroni, sosis, kol, dll. Lalu pelan-pelan aku mengarahkan sendok yang udah ada makanannya ke mulutnya “buka mulutnya nasinya mau masuk”. Pokoknya sambil ngomong pakai ilmu komunikasi produktif.

Tantangan 10 Hari Komunikasi Produktif #Day5 – Belajar Makan Sendiri

Tapi Arthur masih semaunya, dia kadang masih pegang sendok bukan di gagangnya tapi di ujung yang ada makanannya. Dan mangkoknya bisa diobok, diangkat, disamplak. Pokoknya kudu ekstra sabar deh.

Sepertinya dia sudah mulai paham dengan konsep menyendok. Tapi belum bisa mengambil dan belum pas. Ya belum bisa pas nya agak dimaklumi deh karena penglihatannya yang terganggu. Dia cuma megang sendok terus diayun atau diketokin ke meja makan, mungkin dia sebenernya mau ambil nasi.

Besok mari kita coba lagi ngajarin Arthur belajar makan.

#Day1

#Level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s