Melatih Kemandirian Anak – Arthur Belajar Makan Sendiri Dengan Alat Makan dan Toilet Training #Day5

Sebenernya hari ini pengen sekalian Toilet Training lagi, tapi sayangnya training pants Arthur pas habis. Masih nangkring di jemuran. Daripada nembus bocor kemana-kemana, Arthur bisa kepleset, ada najis, dan kudu dipel (alasan aja mama nya males kalo ngompolnya ampe mana-mana. hahaha) Jadi hari ini libur dulu deh belajar toilet trainingnya. Sementara kembali ke diapers seharian. Aku ngajarin TT nya nggak terlalu ngoyo, pelan-pelan dulu aja untuk ngajarin arthur konsepnya dulu.

Hari ini Arthur kalo lagi main, aku ajakin main nyendokin beras lagi. Supaya dia terbiasa dan bisa. Meskipun masih aja susah. Dia mengarahkan sendok ke mangkok, tapi belum pas dan belum bisa ambil berasnya. Masih aku bantuin. Tapi dia nggak mau dan protes kalau dibantuin, dia maunya megang sendok dan dimainin sesukanya. Oke baiklah…

Waktu makan, kadang mau megang sendok kadang juga nggak mau. Jadi hari ini masih banyak disuapnya. Selesai makan, aku lap mulutnya pakai tissu. Aku mau ajarin dia ngelap mulutnya sendiri pakai tissu setelah makan. Aku baru kepikiran abis liat anaknya temenku yang usianya lebih muda dari Arthur bisa begitu. Awalnya aku takut kalau tissunya malah dia makan dimasukkin ke mulut. Tapi waktu aku ajarin dia malah ketawa – ketawa, karena aku sambil bercandaan juga sih. Aku coba suruh dia ngelap mulutnya sendiri pakai tissu. Ternyata bisa, dan beneran dia lap mulutnya beberapa kali tanpa masukin tissu ke mulutnya.

 

Arthur ngelap mulut pakai tissu setelah selesai makan

 

Hal yang simpel sih. Mungkin ada yang mbatin “halah cuma gitu doang aja...”. Tapi setiap progress perkembangan anak memang selalu istimewa. Apalagi terjadi pada anak yang istimewa.

 

 

#Day5

#Level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s