Melatih Kemandirian Anak – Arthur Belajar Makan Sendiri Dengan Alat Makan dan Toilet Training #Day8

Belajar makan

Hari ini Arthur masih agak males-males makan. Pagi makan bubur nggak mau, tapi makan pisang bisa habis 2 buah. Kayaknya gigi bawahnya mau keluar, karena biasanya kalo lagi susah makan gini giginya pas numbuh. Kalau lagi susah makan begini, jadi susah mau ngajarin makan. Dia pegang sendok nya pun semau dia, malah dimainin malah kadang dia buang.

Siang tadi, malah dia ngerusuhin mamanya makan. Tumbenan.. Akhirnya kita makan sepiring berdua (tapi arthur disuapin sambil mainan). Ternyata Arthur udah bisa makan daging ayam, dia bisa ngunyah & nelen daging ayam.

 

Toilet training

Arthur siang ini aku tawarin pipis setiap setengah sampai sejam sekali. Aku ajakin ke kamar mandi entah dia beneran mau pipis atau nggak. Beberapa kali dia cuma diem aja nggak pipis, aku tunggu nggak keluar-keluar. Akhirnya aku pakein celana lagi. Setengah jam kemudian aku tawarin mau pipis atau nggak, tapi sambil aku ajak ke kamar mandi. Aku tunggu lagi agak lama akhirnya dia pipis juga. Sambil aku bilang “Nah kalau mau pipis di kamar mandi gini ya, abis itu cebok pakai air terus pipisnya disiram”

Tapi habis itu, kelepasan lagi. Belum sempat aku tawarin pipis ke kamar mandi, dia ngompol waktu lagi mainan.

 

 

Walaupun hari ini Arthur gagal belajar makan sendiri, tapi dia berhasil pipis di kamar mandi walaupun cuma sekali. Selain itu, Arthur hari ini tumbenan minta mandi sore. AKu bilang “Kalau mau madni, ayo bajunya dilepas dulu” Dan dia mau buka baju nya sendiri, walaupun masih belum bisa buka baju dan celana nya sendiri sih. Tapi dia sepertinya udah mulai paham, tinggal diajarin aja caranya.

img_0054
Arthur mau buka bajunya sendiri

#Day8

#Level2

#BunsayIIP

#MelatihKemandirian

#Tantangan10Hari

Leave a Reply

