Project Mingguan Kami : Mencuci Baju 

Mencuci baju adalah project mingguan kami yang biasa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Dulu arthur tidak terlibat dalam kegiatan mencuci baju ini, karena dia masih belum berani sama air dingin. Tapi belakangan ini, kami mencoba melibatkan Arthur. Karena Arthur sudah berani dengan air dingin dan mulai suka main air. Walaupun akhirnya dia nggak bakalan ikut nyuci tapi malah cuma mainan air aja.

Setidaknya kami sudah mencoba melibatkan anak dalam melakukan aktifitas rumah tangga. Supaya anak paham bagaimana itu aktifitas mencuci. Sambil di jelaskan step-step apa saja yang dilakukan saat mencuci baju. walaupun Arthur belum sepenuhnya paham.

Kalau di Jogja, Arthur nggak bisa ikutan cuci baju karena mesin cuci di jogja “terima beres” alias cemplungin baju, nyalain air, masukin detergen. Puter deh sampai bilas & dikeringkan. Bisa disambi sambil nyantai atau melakukan hal yang lain, kalau udah selesai baru deh tinggal kita jemur.

Nah kalau di bekasi, proses ngebilasnya manual. Pake ember & Kucek tangan baru deh dimasukin ke tabung pengering. Yah, cukup melelahkan sebenernya. Karena terbiasa yang langsung beres di Jogja. Dulu sempet agak protes juga ke papa arthur. Karena capek, rempong, dan Arthur susah disambi lama-lama.

Tapi, Daripada boros manggil tukang cuci atau nyuci di laundry (biaya laundry di bekasi mahal, nggak kayak di Jogja), Walaupun kalau nyetrika manggil orang untuk nyetrikain. Akhirnya kami pun membagi tugas dalam hal mencuci baju. Papa Arthur yang ngegiling ke mesin cuci, ngebilas & ngeringin. Mama Arthur yang jemurin. Yang paling penting papa Arthur yang ngebilasinnya, hehehee… Alhamdulillah, aku bersyukur punya suami yang mau membantu pekerjaan rumah tangga begini.

Kalau weekday kami seringnya cuci baju malam hari setelah papa Arthur pulang dari kantor. Kalau misal siang nya Arthur bisa disambi, aku cuci sendiri sambil Arthur bantuin (dia sambil mainan air).

Kalau weekend, semua kebagian tugas. Waktu giliran papa yang nyuci & mbilas, arthur sibuk bantuin nyuci alias main air. Mama bantuin sambil awasin arthur, supaya nggak kepleset atau jatuh. Sekalian arthur mandi juga. Setelah selesai semua, baru deh gantian mama Arthur yang jemurin bajunya. Sementara Arthur sudah selesai mandi, lalu main sama papa.

 

#Day3

#Level3

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunsayIIP

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s